Sabtu, 20 April 2013

[Steps + Tips] Langkah - Langkah Untuk Menulis Cerita


Annyeonghaseyo… :D
Halo semuanya~~ Aku mau bagi-bagi tips buat kalian yang masih bingung apa step-step sebelum menulis sebuah cerita, lumayan untuk ngebantu kalian juga ^^


Aku suka nulis, dan beberapa saat yang lalu aku pernah berada di posisi kalian yang sedang terbingung-bingung mentok gaada tujuan haha -_-v Jadi saat itu aku searching step-step untuk menulis, dan setelah aku jalananin, semua itu emang ngebantu banget loh! aku udah lupa tempat aku baca stepnya dimana, tapi aku bakal nulis lagi aja + ada tambahan juga dari aku :) Ini dia….
  1. Kalian harus punya tujuan dulu mau buat cerita seperti apa. Romance? Persahabatan? Atau yang membangun motiviasi? Itu terserah kalian. Saran aku, buatlah tulisan yang benar-benar kamu senangin. Selain biar kamu gak bosen saat nulisnya itu juga membantu saat kamu mentok gak ada ide. Tak masalah jika kamu mengambil beberapa adegan di kehidupan nyata, banyak kok penulis yang melakukan itu ^^ Dan itu juga akan membantu tulisan kamu jadi terkesan nyata dan hidup, yaah.. walaupun mungkin genre tulisan kamu itu fantasi :) 
  2. Udah ketemu tema ceritanya? Nah sekarang kamu bisa beralih untuk membuat konflik utama dalam cerita kamu.Misal: Kenangan yang terlupakan, janji yang terhapuskan, tatapan hangatmu yang hilang. Bisakah aku mengembalikannya lagi? (Jadi ceritanya si cewek ingin membuat cowok yang dulunya juga mencintainya untuk kembali padanya)
  3. Sebelum lanjut ke step selanjutnya, alangkah baiknya konflik utama tadi tidak kamu biarkan hanya mengambang di pikiranmu. Tuliskan itu semua kedalam tulisan nyata seperti  di laptop, note HP, atau buku kamu.
  4. Masuk ke membuat kerangka cerita. Sebenarnya pelajaran membuat kerangka cerita pasti kita telah kalian pelajari sejak SD. (soalnya aku juga gitu hehe) dan ternyata itu memang berguna loh buat kita! Kenapa? Yah pokoknya kerasa banget deh kalo kamu udah mulai nulis ceritanya. Tapi manfaat utamanya itu adalah... disaat kamu sedang mentok gak ada ide lagi buat nulis… inilah saatnya kamu kembali membuka kerangka cerita itu. Disana kamu akan nemuin jalan cerita seperti apa yang seharusnya kamu lanjutkan. Kerangka cerita juga membantu banget agar kita tidak menjauhi tema dan malah ngawur ke ide lainnya -_- itu sering banget terjadi kan?
  5. Nah sekarang kalian udah punya tema, konflik utama, dan kerangka cerita. Ini semua dasar sebelum kamu menulis. Kalo udah punya dasar, kesananya pasti gampang ^^ Percaya deh. Sekarang kamu tinggal kembangkan kerangka cerita itu ke paragraf yang keren :)

#TIPS:
1. Berhubung “ide” itu datangnya tidak diduga dan tidak direncanakan, alangkah baiknya kamu punya note sendiri. Kalau gak punya bisa kok pake note HP ^^ sekarang kan zaman udah canggih tuh, rata-rata HP sekarang pasti ada note-nya :) Nah sewaktu “ide “kamu itu datang, kamu segera tulis itu semua ke note. Gak papa kok walau cuma tulisan asal, misal kayak: Si cewek nungguin si cowok lama banget sambil berjongkok di depan tempat janjian. Berjam-jam ia menunggu dengan terus percaya bawah si cowok pasti akan menempati janjinya dan datang kepadanya. (tulis semua ide kamu itu di note. Gak masalah kalau itu gak berhubungan dengan cerita yang sedang kamu buat. Pokoknya TULIS SEMUA. Itung-itung sekalian melatih bahasa tulisan kamu agar lebih baik^^)

2. Saat tulisan kamu itu masih setengah selesai dan udah mentok, mending kamu coba stop nulis dulu buat sementara. Kenapa? Aku juga gak tau sih, tapi yaah… dengan stop nulis, pikiran kamu akan te-refreshing sendiri^^ Tapi berentinya jangan kelamaan -_- secepatnya saat "ide" kamu balik lagi kamu harus siap untuk kembali nulis,  Let’s continue…~ ^^

3. Sering-sering baca. Sebenernya udah berapa blog nulisin ini di tips mereka. Tapi aku juga gak bisa ngapus ini dari tips, kenapa? yaah sebenernya ini pendapat pribadi, tapi.. dengan membaca kita bakal menemukan kata-kata baru yang mungkin akan berguna buat tulisan kamu. Cari novel yang bahasanya itu bagus dan bisa menyayat hati xD Dengan banyak membaca, tulisan kita sedikit demi sedikit bakal berubah dengan sendirinya. Gak suka baca? Harus mulai suka! Jadi penulis harus banyak baca^^

4. Di saat kamu nulis klimaks, buatlah lebih banyak narasi yang menyayat hati atau semacam yang bangunin amarah pembaca. Misal ada adegan nangis, lebih baik kamu menulisnya lebih mendetail, seperti: Air mata Yui akhirnya jatuh juga ke pipi. Tetes demi tetes jatuh tak tertahankan membawa berbagai kesakitan yang telah menumpuk lama di hati. Kini ia harus apa? Ia tak bisa apa-apa lagi. Ricky sudah bukan ‘Ricky’ yang dulu. Nah, bedakan sama yang ini: Yui mulai menangis. Kini ia harus apa? Yui tak bisa melakukan apa-apa. Ricky sudah berubah sekarang.

5. Jangan menggunakan kata yang sama dalam satu kalimat. Berusahalah untuk mengganti atau bahkan menambah beberapa kata.
Contoh:
Yui memang telah menjadi kuat, tapi bagaimanapun Yui tetaplah seorang wanita. Dirinya telah melupakan sakitnya dikhianati. Namun apa dikata? Jika pengkhianatan itu datang, memangnya wajar kalo Yui malah tersenyum senang? Wajar jika ia kembali merasa sakit. Itu bukan salahnya, kan?
Bedakan:
Yui memang telah menjadi kuat, tapi  bagaimanapun ia tetaplah seorang wanita. Rasa sakit dikhianati, perlahan ia lupakan dengan ikhlas. Namun apa dikata? Jika pengkhianatan itu datang, memangnya wajar kalo Yui malah tersenyum senang? Salahkah jika ia kembali merasa sakit? Apakah semua itu salah?

6. Punya playlist lagu / music player ^^ Saat mentok ide, coba denger lagu deh. Sedikit-sedikit “ide” pasti muncul :)
Mungkin segitu aja dulu ya :0 Maaf jika ada beberapa yang salah, yuk berbagai lewat comment di bawah ^^ Aku juga masih belajar nulis jadi pasti enak kalo dikasih tau dimana kesalahan aku :)
Jangan jadi silent reader, yuk comment!


Tulisan original written and posted by koreanshineff.blogspot.com
Gambar diambil dari google dan diserahkan kembali ke pemiliknya
LET'S BE A GOOD PERSON, BE CREATIVE AND DON'T BE A PLAGIATOR!
TAKE OUT & COPAS? sertakan nama blog ini

8 komentar:

  1. wii pas bgt sama aku yang lagi pgn belajar nulis FF ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. fighting hani ><)9 semoga ngebantu yaa~~ makasih udh comment ^^

      Hapus
  2. wah thx postny. ku cba deh ya

    BalasHapus
  3. min ini serius ngebantu banget! makasi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jinja? sukur banget kalo gitu >< semoga kamu terus semangat nulis yaaa :D

      Hapus
  4. Wah,gomawo ne min ini ngebantu lho buat aku... Soalnya ada beberapa FF aku yg belum selesai soalnya otak aku mentok -__- gomawo min :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama dear :) semangat yaa nulisnya~

      Hapus